Headlines News :
Home » » Makam Tentara Nazi

Makam Tentara Nazi

Written By bogorgeulis redaksi on Friday, 28 September 2012 | 04:54

bogorgeulis.com Tidak kita kira jika di Bogor ada pemakaman tentara Nazi, Jerman. Tepatnya, ada delapan makam di pegunungan di Kampung Arca Muncang, Desa Sukaresmi, Kecamatan Menurut informasi, itu adalah makam tentara Nazi yang gugur pada Perang Dunia II. Tetapi mengapa bisa sampai ke Bogor? 

Jika kita telesuri, pada Perang Dunia II Jerman merupakan sekutu Jepang. Kedatangan tentara Nazi ke Indonesia setelah Belanda menyerah kepada Jepang (1942). Tentara Nazi datang dengan sejumlah kapal selam (1943-1945). Tujuan mereka tidak lain untuk membuka blokade lawan yang dibutuhkan Jepang yang kala itu sedang menduduki Indonesia dan Malaysia. Selain itu mereka juga membawa bahan-bahan baku penting selama perang bagi Angkatan Laut Jerman, dari Indonesia yang ketika itu dijajah oleh Jepang. 

Nah, pasca menyerahnya Jepang, tentara Jerman yang masih tersisa di Indonesia kemudian hidup tidak menentu. Termasuk ke Cikopo, Megamendung, Bogor, hingga akhir hayatnya. 

Pada awal abad ke-20 daerah tersebut merupakan bagian dari suatu perkebunan teh yang besar milik dua bersaudara asal Jerman, yaitu Emil dan Theodor Helfferich (kakak tertua mereka Karl Helfferich pada masa Perang Dunia I menjabat sebagai Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Wakil Kanselir Jerman). Pada tahun 1926 mereka mendirikan tugu peringatan untuk mengenang Skuadron Kekaisaran Jerman di Asia Timur. Monumen tersebut masih berada di tempat tersebut dan merupakan bagian dari makam. (firm)

Foto: mrsupel.blogspot.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bogor Geulis - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template